Sabtu, 02 Juni 2012

TIPS MENGATASI DEMAM PADA ANAK SETELAH IMUNISASI

TIPS MENGATASI DEMAM PADA ANAK SETELAH IMUNISASI

Sering sekali kita para ibu muda yang baru memiliki momongan merasa cemas ketika anak demam setelah diimunisasi. Tetapi hal itu tidak perlu dicemaskan secara berlebihan. Biasanya imunisasi yang sering membuat anak agak sedikit demam adalah imunisasi sejenis DPT. Ketika anak demam alangkah baiknya tidak langsung kita berikan paracetamol untuk mengatasinya. Berikut adalah tips yang sudah teruji selama mengikuti imunisasi pada bayi saya...

1. Setelah imunisasi kita berikan Asi sebanyak mungkin sesuai dengan yang dia perlukan, atau bisa juga dengan air putih untuk bayi yang sudah MP Asi.
2. Kompreslah dengan air hangat, kita beranggapan bahwa mengompres dengan air dingin akan lebih efektif, ternyata ada yang lebih efektif lagi yaitu dengan air yang hangat agar bayi tidak menggigil.
3. Selalu mengecek suhu tubuh bayi dengan termometer agar dapat terkontrol dengan baik
4. Sering peluk atau dekaplah bayi agar suhu panas dari tubuh bayi bisa terserap ke ibu sehingga mengurangi rewel pada bayi
5. Apabila suhu mencapai lebih dari 37,5-38  C maka barulah boleh kita menggunakan obat penurun panas, mengingat efek samping dari obat jika kita terlalu sering menggunakannya pada bayi kita.

Demikian tips dari saya semoga berhasil pada bayi anda......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar